Jumat, 23 Desember 2016

Ladyfinger




Ladyfinger merupakan salah satu bahan untuk membuat Tiramisu. Biskuit yang bercita rasa manis ini berbentuk panjang seperti jari. Teksturnya kering dan ringan. Saat baru matang, Ladyfinger terasa crispy. Tapi kemudian biskuit ini jadi melempem jika terlalu lama dibiarkan di ruangan terbuka. Kalau untuk membuat Tiramisu, sepertinya tidak masalah jika melempem. Karena, memang dalam pembuatan Tiramisu, nantinya Ladyfinger akan dibuat basah dengan cara dicelupkan ke dalam kopi. Dimakan langsung juga enak. Apalagi jika dicelupkan dengan susu atau kopi. Mantap!
Saya mencoba membuat Ladyfinger ini dengan menggunakan dua resep yang berbeda. Kedua resep tersebut tidak terlalu berbeda dalam hal takaran bahan-bahannya. Perbedaannya terletak pada proses pencampuran bahan dan suhu pemanggangan. Resep pertama, pencampuran tepung terigu dilakukan setelah semua bahan lain tercampur. Sedangkan, pada resep kedua, bahan terakhir yang dimasukkan adalah meringue atau putih telur yang dikocok sampai kaku. Untuk suhu pemanggangannya, resep pertama menggunakan suhu 130°C dan dipanggang selama 30 menit. Sedangkan, resep kedua menggunakan suhu cukup besar, yakni 200°C dan dipanggang selama kurang lebih 10 menit. Saya lebih menyukai hasil Ladyfinger dari resep kedua. Tapi saya lebih menyukai proses pemanggangan dari resep pertama. Karena, hasilnya lebih crispy. Kalau resep kedua, cenderung lembut dan spongy. Entah memang seperti itu hasilnya, atau proses yang saya lakukan kurang sempurna.
Saya menggabungkan dua resep tersebut dan membuat Ladyfinger sesuai dengan selera pribadi saya. Jika Anda ingin tahu resepnya, saya sudah rangkumkan di bawah ini. Oh ya, resep yang asli, takaran bahan-bahannya lebih banyak. Sedangkan saya, karena baru coba-coba, hanya menggunakan 1/3 takarannya saja. Namanya juga coba-coba. Kalau gagal 'kan nggak terlalu banyak bahan-bahan yang terbuang, hehehe...
Resep Biskuit Ladyfinger

Bahan-bahan:
  • 2 butir putih telur, pastikan putih telur tidak tercampur sedikitpun kuning telur
  • 35 gram gula pasir
  • 2 butir kuning telur
  • 1/2 sdt pasta vanila
  • 45 gram tepung terigu protein sedang
  • gula bubuk secukupnya
Cara membuat:
  1. Siapkan tepung terigu, takar dan ayak. Lalu sisihkan.
  2. Kocok putih telur dengan mixer berkecepatan tinggi hingga lembut, tak perlu lama-lama. Lalu, tambahkan gula pasir dan kocok lagi sampai kaku. Aduk pelan-pelan dengan menggunakan spatula agar lembut dan homogen. Sisihkan.
  3. Dengan menggunakan mixer yang sama, kocok kuning telur dan pasta vanila sampai kaku dan sedikit mengembang, kira-kira 5-8 menit.
  4. Masukkan kuning telur ke dalam meringue dan aduk pelan-pelan dengan spatula. Mengaduknya harus pelan-pelan dengan cara aduk balik atau aduk lipat.
  5. Tambahkan tepung terigu sembari diayak lagi. Lalu aduk kembali dengan cara aduk lipat hingga tercampur rata. Usahakan untuk tidak berlebihan saat mengaduknya untuk mencegah adonan kempes dan menjadi encer.
  6. Masukkan adonan ke dalam piping bag atau plastik segitiga.
  7. Gunting ujung plastik, lalu semprotkan ke atas loyang dengan bentuk memanjang. Saya menggunakan loyang kue kering dan saya tambahkan silmat sebagai alasnya agar Ladyfinger tidak menempel di loyang dan mudah diambil.
  8. Taburkan gula bubuk dengan menggunakan saringan teh di atas adonan. Biakan kurang lebih 1 menit, lalu taburkan kembali gula bubuk.
  9. Panggang dalam oven yang telah dipanaskan dengan menggunakan suhu 130°C. Tunggu hingga matang kurang lebih selama 30 menit. Pertama, saya letakkan di rak paling bawah. Setelah 15-20 menit, saya pindahkan ke rak tengah. Saya menggunakan api atas-bawah.
  10. Setelah matang dan tidak panas lagi, ambil Ladyfinger dan simpan di dalam wadah tertutup.
Sumber:
www.youtube.com/watch?v=WSX9BHXqVwo
http://www.chefeddy.com/2009/11/how-to-make-ladyfingers/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar