Minggu, 25 Desember 2016

Tiramisu



Sudah kepengen coba resep Tiramisu dari kapan tau, tapi baru kesampaian kali ini. Resep ini saya intip dari channel Kokiku Tv Resep Tiramisu Master Chef. Resepnya cukup mudah dan menghasilkan Tiramisu yang wow (buat saya). Berbeda dari resep original Tiramisu yang menggunakan Marshala Wine atau Kahlua, resep ini menggunakan kopi instan tanpa tambahan alkohol. Jadi, dijamin halal. Rum yang saya gunakan adalah perisa rum yang mengandung 0% alkohol. Untuk biskuit ladyfinger, saya buat sendiri. Resepnya dapat dilihat di sini. Kalau ingin praktis, kamu bisa beli biskuit ladyfinger yang sudah jadi di supermarket besar ataupun toko-toko online.

Bahan-bahan:
  • 2 butir kuning telur
  • 45 gram gula pasir
  • 75 gram keju mascarpone bersuhu ruang
  • 2 sendok teh perisa rum, saya menggunakan yang 0% alkohol
  • 235 gram heavy cream atau whipping cream
  • biskuit ladyfinger secukupnya (resep homemade ladyfinger dapat dilihat di sini)
  • kopi instan suhu ruang secukupnya, pilih yang tidak berampas
  • coklat bubuk secukupnya
Cara membuat:
  1. Kocok kuning telur dan gula pasir, asal rata saja.
  2. Lanjutkan mengocok dengan teknik double boiler. Caranya dengan menggunakan wadah tahan panas diatas panci yang berisi air mendidih. Uap panas ini lah yang membantu telur matang. Setelah kental, segera angkat dan hilangkan uap panasnya.
  3. Kocok heavy cream sampai kaku, bisa pakai balloon whisk ataupun mixer. Agar cepat kaku, heavy cream dikocok dalam keadaan dingin menggunakan kecepatan tinggi.
  4. Setelah campuran kuning telur dan gula hilang uap panasnya, masukkan keju mascarpone. Aduk hingga rata.
  5. Tambahkan rum, aduk lagi.
  6. Masukkan heavy cream yang sudah dikocok menjadi whipped cream. Aduk-aduk sampai rata.
  7. Siapkan wadah, lalu celupkan biskuit ladyfinger ke dalam kopi. Tata di dalam wadah.
  8. Masukkan krim tiramisu, ratakan. Tata kembali biskuit ladyfinger dan krim tiramisu hingga menjadi 4 lapis atau sesuai selera.
  9. Taburi coklat bubuk dengan menggunakan saringan teh agar rata.

Di resep-resep lain yang saya lihat, takaran keju mascarpone lebih banyak daripada whipping cream dengan perbandingan 2:1. Walaupun takaran keju mascarpone pada resep ini tidak terlalu banyak, tapi bagi saya, ini sudah cukup enak. Kalau mau, kamu bisa juga membuatnya dengan perbandingan 1:1.

Tiramisu memang identik dengan coklat bubuk sebagai taburannya. Tapi, kalau suka, kamu bisa juga pakai bahan lain sebagai taburannya sesuai selera masing-masing seperti pakai milo atau ovaltine.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar