Jumat, 30 Juni 2017

Keju Mascarpone


Keju mascarpone bertekstur lembut dan ringan. Keju ini terbuat dari krim kental yang digumpalkan dengan cara diberi tambahan asam seperti sari lemon, cuka, atau zat asam lainnya. Menurut saya pribadi, rasa keju bertekstur lunak dan creamy ini lebih terasa seperti mentega dibanding keju.

Keju mascarpone dan krim kental merupakan bahan yang tidak boleh ketinggalan saat membuat tiramisu. Dulu saya beli keduanya untuk membuat tiramisu. Tapi, setelah bisa membuat keju mascarpone sendiri, saya hanya perlu membeli krim kental saja. Untuk tambahannya, saya memerlukan sedikit sari lemon untuk mengubah krim kental menjadi keju mascarpone. Dengan begitu, pastinya jadi lebih hemat, ya kan? :)

Cara pembuatan keju mascarpone ini tidak begitu sulit, tapi butuh kesabaran. Karena, krim yang sudah dimasak dengan campuran sari lemon harus didiamkan selama 12 - 24 jam agar teksturnya lebih padat. Berikut resep lengkap keju mascarpone yang saya contek dari Bhavna's Kitchen.

Resep Keju Mascarpone

Bahan-bahan:

  • 240 ml krim kental atau heavy cream, pilih yang diary cream
  • 1/2 sendok makan (7,5 ml) sari lemon

Cara membuat:

  1. Panaskan krim kental dengan api kecil hingga muncul buih-buih di sekelilingnya. Jangan panaskan hingga mendidih.
  2. Ketika bagian pinggir krim berbuih, masukkan sari lemon. Aduk-aduk hingga krim agak mengental.
  3. Matikan api dan diamkan selama 30 menit.
  4. Siapkan mangkuk besar, letakkan saringan di atasnya. Lalu letakkan kain.
  5. Tuang krim dan tutup dengan plastik. Tunggu hingga uap panasnya hilang, lalu simpan keju mascarpone di dalam kulkas (chiller) selama 12 - 24 jam.
  6. Setelah didiamkan, keju mascarpone menjadi lebih padat dan siap digunakan. Jika tidak segera dihabiskan, pindahkan keju ke dalam wadah kedap udara dan simpan kembali di dalam kulkas.
Catatan:
  • Di dalam mangkuk terdapat cairan yang menetes dari penyaringan keju mascarpone. Cairan tersebut merupakan whey. Whey dapat dikonsumsi jika suka. Baik dengan cara diminum langsung atau sebagai bahan tambahan untuk pembuatan makanan seperti sup.


Sumber:
https://youtu.be/zEYE06mXx8I

Tidak ada komentar:

Posting Komentar