Sabtu, 13 Mei 2017

Pie Buah


Ini nih salah satu kue favorit saya, Pie Buah. Kulit pie yang renyah dipadu dengan vla yang lembut serta topping aneka buah yang segar, membuat kue ini patut diacungi dua jempol! Belakangan ini, saya sulit menemukan pie buah yang pas di lidah. Pie buah yang kerap saya jumpai di daerah tempat tinggal saya lumayan enak, tapi vla-nya kurang "nendang," menurut saya.

Nah, beberapa hari yang lalu, saya kembali dipertemukan dengan pie buah yang aduhai, amboooy nikmatnya. Pie buah tersebut diberikan oleh salah satu tetangga saya. Saya nggak tau itu pie beli di mana, tapi yang jelas, saya tau cara ngehabisinnya gimana. hehehe.

Daripada susah-susah berkelana untuk mencari pie buah yang cocok di lidah, lebih baik saya coba bikin aja sendiri. Begitu pikir saya. Saya sudah punya resep kulit pie andalan. Sisanya, saya hanya perlu mencari resep vla yang okeh dan saya mendapatkan resep vla yang okeh tersebut di blog Martha Stewart. Tekstur vla-nya lembut, rasanya enak, dan kekentalannya pas.

Setelah bahan-bahan terkumpul, tanpa ragu saya langsung membuat kue ini. Tidak terlalu sulit untuk membuat kue ini. Yuk, cobain bikin sendiri. Oh ya, untuk topping buahnya dapat disesuaikan dengan selera masing-masing, ya.

Resep Pie Buah

Bahan adonan kulit pie:
  • 150 gram margarin
  • 250 gram tepung terigu protein sedang atau rendah
  • 30 gram gula bubuk
  • 1/2 sendok teh garam
  • 2 - 4 sendok teh air es
Bahan vla:
  • 250 ml susu cair tawar
  • 40 gram gula pasir
  • 2 butir kuning telur
  • 15 gram tepung maizena
  • 15 gram margarin
  • 1/2 sendok teh pasta vanila
  • Sejumput garam
Topping buah:
  • Kiwi
  • Anggur
  • Strawberry
Cara membuat:
  1. Buat vla: campur kuning telur dan setengah bagian gula pasir. Kocok dengan balloon whisk hingga gula larut.
  2. Tambahkan tepung maizena, kocok kembali hingga rata. Sisihkan.
  3. Di wadah lain, campur susu cair dengan sisa gula pasir, pasta vanila, dan garam. Masak dengan api kecil hingga muncul buih-buih di bagian pinggir susu. Jangan sampai susu mendidih. Matikan api.
  4. Tuang susu sedikit demi sedikit ke dalam campuran kuning telur sambil dikocok.
  5. Masukkan kembali campuran susu dan kuning telur ke dalam panci, lalu masak dengan api kecil hingga mengental. Matikan api.
  6. Masukkan margarin, kocok hingga rata.
  7. Pindahkan vla ke dalam wadah lain sambil disaring.
  8. Tutup vla dengan plastik atau dapat dimasukkan langsung ke dalam plastik segitiga. Tunggu hingga uap panasnya hilang, lalu masukkan vla ke dalam kulkas.
  9. Buat kulit pie: Campur tepung terigu, gula bubuk, dan garam. Aduk rata.
  10. Tambahkan margarin, aduk rata hingga teksturnya agak menyerupai gumpalan tanah.
  11. Tambahkan air es, uleni hingga adonan kalis. Jangan terlalu lama menguleninya, asal tercampur rata saja.
  12. Gumpal dan satukan adonan, lalu bungkus dengan plastik. Simpan dalam kulkas minimal 1 jam.
  13. Ambil sedikit adonan dan cetak dengan menggunakan cetakan pie. Tusuk-tusuk bagian dalam adonan. Ulangi hal tersebut hingga adonan habis.
  14. Simpan lagi di dalam kulkas dan panaskan oven dengan suhu 180℃ selama 15 menit.
  15. Panggang kulit pie selama kurang lebih 15 menit. Setelah matang, angkat dan biarkan dingin. Lalu, keluarkan kulit pie dari cetakan.
  16. Isi kulit pie dengan vla. Tambahkan topping berupa buah sesuai selera.



Catatan:
  • Resep ini menghasilkan 18-20 buah pie dengan diameter 7 cm.
  • Jika suka manis, takaran gula pasir pada resep vla dapat ditambah.
  • Topping buah dapat ditambah atau diganti sesuai selera.
Video proses pembuatan pie buah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar