Selasa, 02 Mei 2017

Diplomat Cream


Diplomat cream merupakan salah satu jenis cream yang digunakan untuk berbagai macam isian atau topping kue seperti kue sus, kue tart, napoleon cake, paris brest, dan lain sebagainya.

Dasar dari cream ini adalah pastry cream. Kalau di Indonesia, pastry cream ini biasanya disebut vla. Vla yang saya gunakan untuk resep diplomat cream ini menggunakan tambahan gelatin. Gelatin yang saya pakai adalah gelatin halal yang bentuknya bubuk. Anda dapat juga pakai gelatin lembaran. Penambahan gelatin pada resep vla ini sifatnya optional. Boleh digunakan, boleh di-skip. Penggunaan gelatin pada vla dapat membuat tekstur cream lebih kokoh, tidak terlalu encer, tapi tetap lembut dan halus. Selanjutnya, vla dicampur dengan heavy cream atau krim kental yang telah dikocok hingga mengembang. Sehingga, teksturnya lebih lembut dan terasa ringan. Resepnya saya rangkumkan di bawah ini, ya. Silakan disimak.

Resep Diplomat Cream

Bahan-bahan:
  • 250 ml susu cair tawar
  • 15 gram gula pasir (campur dengan susu)
  • 1 sendok teh pasta vanila
  • 2 butir kuning telur
  • 18 gram tepung maizena
  • 40 gram gula pasir (campur dengan kuning telur)
  • 15 gram mentega tawar
  • 3 gram gelatin bubuk
  • 150 gram heavy cream atau krim kental
Cara membuat:
  1. Masukkan gelatin ke dalam mangkuk kecil, beri sedikit air. Lalu diamkan selama 10 menit.
  2. Campur kuning telur, tepung maizena, dan 40 gram gula pasir. Aduk hingga rata. Sisihkan.
  3. Di wadah yang berbeda, campur susu, 15 gram gula pasir, dan pasta vanila. Masak hingga hampir mendidih.
  4. Tuang susu sedikit demi sedikit ke dalam campuran kuning telur, sambil diaduk-aduk. Jangan langsung masukkan susu sekaligus, karena dikhawatirkan kuning telur jadi menggumpal.
  5. Masak kembali susu yang telah dicampur kuning telur dengan menggunakan api sedang. Aduk-aduk hingga meletup-letup dan mengental, lalu matikan api.
  6. Tambahkan mentega, kocok dengan baloon whisk hingga rata.
  7. Tambahkan juga gelatin, kocok lagi hingga rata.
  8. Pindahkan vla ke dalam wadah lain. Lalu tutup dan tempel dengan plastic wrap agar tidak berkulit. Biarkan hingga uap panasnya hilang, lalu simpan dalam kulkas.
  9. Di wadah lain, kocok heavy cream dengan mixer berkecepatan sedang hingga mengembang menjadi whipped cream atau krim kocok.
  10. Ambil vla yang sudah dingin, kemudian kocok kembali hingga teksturnya lembut.
  11. Masukkan 1/3 bagian whipped cream ke dalam vla, lalu diaduk rata. Masukkan sisanya sedikit demi sedikit dan aduk kembali. Hati-hati mengaduknya agar teksturnya tetap mengembang dan tidak kempes.
  12. Sajikan sebagai isian berbagai macam kue.
Langkah-langkah pembuatan Diplomat Cream
Catatan:
  • Takaran whipped cream dapat disesuaikan dengan selera masing-masing, ya. Semakin banyak whipped cream yang ditambahkan, tekstur Diplomat Cteam semakin creamy dan ringan.
Sumber resep:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar