Sabtu, 20 Januari 2018

New York Cheesecake


Resep ini sudah pernah saya posting sebelumnya di sini. Tapi, pada postingan tersebut, resepnya hanya 1/2 takaran dari resep asli yang saya praktekkan dari sini.

Proses pembuatan New York cheesecake ini lebih mudah daripada Japanese cheesecake. Biasanya, kue ini menggunakan loyang bongkar pasang untuk membuatnya. Tapi, kalau tidak ada loyang tersebut, bisa diakali kok. Pada resep ini, saya menggunakan loyang bongkar pasang. Untuk membuatnya tanpa loyang bongkar pasang, tipsnya dapat dilihat di postingan New York cheesecake saya sebelumnya di sini.

Resep New York Cheesecake

Bahan-bahan:
  • 120 gr biskuit (saya pakai biskuit Marie susu)
  • 60 gr margarin atau mentega, lelehkan
  • 400 gr cream cheese
  • 120 gr gula pasir
  • 200 gr sour cream
  • 150 gr heavy cream
  • 2 butir telur
  • 2 sdm tepung maizena
  • Pasta vanilla secukupnya
  • 2 sdt sari lemon atau jeruk nipis
  • Topping sesuai selera (saya pakai selai strawberry)

Cara membuat:
  1. Buat crust: haluskan biskuit, campur dengan margarin, lalu cetak dan padatkan di dasar loyang bongkar pasang ukuran diameter 18 cm. Oles bagian dalam loyang dengan margarin. Simpan dalam kulkas sambil mempersiapkan adonan cream cheese.
  2. Buat isian: di wadah lain, kocok cream cheese dengan gula pasir hingga tercampur rata. Saya kocok dengan balloon whisk.
  3. Masukkan sour cream, kocok rata.
  4. Masukkan pula heavy cream, kocok rata.
  5. Masukkan telur, kocok rata.
  6. Masukkan tepung maizena, kocok lagi.
  7. Masukkan pasta vanilla dan sari lemon secara bergantian, kocok lagi.
  8. Panggang dengan suhu 180℃ selama 30 menit dengan metode au bain marie (water bath). Lalu turunkan suhunya menjadi 150℃ dan lanjutkan memanggang selama 30 - 50 menit (sesuaikan dengan oven masing-masing).
  9. Setelah matang, buka sedikit pintu oven dan biarkan kue berada di dalamnya selama 1 jam.
  10. Setelah 1 jam, keluarkan kue dan biarkan hingga panasnya hilang. Lalu simpan di dalam kulkas minimal 6 jam sebelum dinikmati.

Catatan:
  • Saya panggang di rak bawah dengan api atas bawah. Setelah kurang lebih 60 menit, saya pindahkan loyang ke rak tengah. Kondisi tiap oven berbeda-beda.
  • Untuk mencegah air masuk dalam loyang saat proses pemanggangan, loyang dilapisi lembaran aluminium foil 2 lapis, lalu lapisi sekali lagi dengan cling wrap.
  • Tanpa topping-pun, cheesecake ini sudah enak.
Sumber:

Proses pembuatan New York cheesecake
Video proses pembuatan New York Cheesecake

1 komentar: