Senin, 22 Januari 2018

Sari Kacang Kedelai


Anak saya suka banget sari kacang kedelai. Tapi, kadang saya malas membuatnya. Jadi, sekali bikin, langsung bikin banyak sekalian. Cara pembuatannya sih sebenarnya mudah, tapi harus benar-benar ekstra sabar. Sabar pertama, kita harus merendam kacang kedelai selama 6-10 jam agar mengembang dan empuk. Sabar kedua, kita harus mengupas kulit kacang kedelainya. Kalau nggak dikupas sih bisa-bisa saja. Tapi, bau langunya kuat. Jadi kurang nikmat meminumnya. Oleh sebab itu, biasanya ditambahkan daun pandan atau vanili bubuk untuk menyamarkan bau khasnya tersebut. Dengan mengupas kulitnya, tanpa memakai daun pandan maupun vanili bubuk, sari kacang kedelai tidak terlalu berbau langu. Saya sudah pernah mencobanya.

Selain itu, satu hal lagi yang perlu diperhatikan adalah pada saat merebusnya. Gunakan api kecil dan sering-seringlah mengaduk sari kedelai. Merebusnya pun jangan sampai mendidih agar sari kedelai tidak pecah dan menggumpal. Oleh karena itu, gunakan air matang saat melumatkan kacang kedelainya.

Resep Sari Kacang Kedelai

Bahan-bahan:
  • 500 gr kacang kedelai
  • 4 liter air
  • 5 lembar daun pandan
  • 1/2 sdt vanili bubuk
  • 200 - 400 gr gula pasir, sesuai selera
  • 2 - 3 sdt garam, sesuai selera
Cara membuat:
  1. Cuci bersih kacang kedelai. Rendam selama 6 - 10 jam. Gunakan air yang banyak saat merendam. Karena, kacang kedelai akan mengembang.
  2. Tiriskan kacang kedelai. Rendam dengan air panas secukupnya saja untuk memudahkan kulit kedelai terkelupas. Kupas kulitnya agar hasil sari kacang kedelai tidak langu.
  3. Blender dengan air matang secara bertahap. Lalu, saring dengan kain saringan susu atau saringan yang berlubang halus.
  4. Masak sari kedelai dengan tambahan daun pandan. Gunakan api kecil saat memasaknya dan aduk-aduk agar tidak pecah. Jangan biarkan sari kedelai mendidih. Aduk dengan sendok kayu. Jika begitu diangkat sendok kayu berasap, matikan apinya. Cara lainnya dapat dilihat jika bagian pinggir sari kedelai sudah mulai berbuih, matikan api.
  5. Tambahkan sedikit vanili bubuk, jika pakai.
  6. Saring sari kedelai untuk hasil yang lebih bersih.
  7. Beri gula pasir dan garam sesuai selera.
Catatan:
  • Boleh pilih salah satu antara daun pandan atau vanili bubuk sebagai penambah aroma.
Proses pembuatan sari kacang kedelai
Video proses pembuatan Sari Kacang Kedelai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar