Sabtu, 11 Februari 2017

Jajanan Korea: Tokkebi (Hot Dog Kentang)


Bagi saya, ini camilan yang cukup mengenyangkan. Cara membuatnya pun cukup mudah. Tapi, agak sedikit "becek" saat menempelkan potongan kentang di seluruh permukaan sosis yang terbalur adonan basah. Oleh sebab itu, adonan basah tersebut harus bertekstur sangat kental agar kentang tidak mudah "melorot" dari sosis agar sosis tidak "gundul" saat digoreng. Selain itu, saya mengalami sedikit kendala saat menggorengnya dengan menggunakan tusuk sate. Jadi, saya tidak menggunakan tusuk sate saat menggorengnya. Setelah matang, baru saya tusukkan tusuk sate tersebut.

Untuk membuat camilan ini, diperlukan cornmeal. Cornmeal itu semacam tepung jagung tapi tidak sehalus tepung maizena. Teksturnya lebih kasar dari tepung maizena dan berwarna kuning. Tapi, beberapa resep menggunakan tepung maizena sebagai ganti cornmeal. Mungkin karena cornmeal cukup sulit ditemukan di beberapa daerah.

Karena sebelumnya saya pernah membuat Tokkebi dengan menggunakan tepung maizena, pada percobaan kedua ini, saya mencoba membuat Tokkebi dengan cornmeal. Oleh sebab itu, saya cari tahu di Youtube bagaimana cara membuat cornmeal. Ternyata, cara membuatnya cukup mudah. Jagung kering (jagung untuk membuat popcorn) hanya perlu dihaluskan pakai food processor. Jagung kering ini bisa dibeli di Indomaret. Karena tidak punya food processor, saya menggunakan blender untuk menghaluskan jagung kering. Hasilnya tidak begitu halus, oleh karena itu, saya saring terlebih dahulu. Dari 75 gram jagung kering, saya dapat kurang lebih 30 gram cornmeal.


Resep Tokkebi (Hot Dog Kentang)

Bahan-bahan:
  • 3 buah sosis (saya pakai sosis Farm House panjang yang dibelah dua)
  • 300-400 gram kentang beku
  • 25 gram cornmeal (dapat diganti dengan tepung maizena dengan takaran yang sama)
  • 50 gram tepung terigu serba guna
  • Garam secukupnya
  • Lada secukupnya
  • 1/4 sendok teh baking powder
  • 25 gram telur utuh (1/2 butir)
  • 40 gram susu cair tawar (saya ukur pakai timbangan)
  • 500 ml minyak goreng
Bahan pelengkap:
  • Saus sambal atau saus tomat
  • Mayonnaise atau saus thousand island
  • Tusuk sate (tidak pakai juga tidak apa-apa)
Cara membuat:
  1. Potong kentang kurang lebih 1 - 2 cm. Sisihkan.
  2. Ambil wadah, masukkan dan campurkan cornmeal, tepung terigu, garam, lada, dan baking powder.
  3. Tambahkan telur dan susu, aduk hingga rata dan adonan bertekstur kental.
  4. Baluri sosis dengan adonan, lalu tambahkan kentang sembari ditekan agar kentang menempel pada adonan dan sosis.
  5. Panaskan minyak dengan api kecil-sedang, lalu goreng tokkebi hingga matang.
  6. Tusuk bagian ujungnya dengan tusuk sate.
  7. Tambahkan bahan pelengkap sesuai selera.
Resep ini saya contek dari video yang di-posting oleh Mbak Melliana Hardi dan sedikit mengubahnya sesuai dengan selera saya sendiri. Selamat mencoba.

Proses pembuatan Tokkebi




2 komentar:

  1. terimakasih kak atas resep nya, jaid pengen langsung buat di rumah.. bt kak, kalua di ganti tepung maizena teksture nya berbeda banget ga sama yng pakai tepung cornmeal? apakah tetap bias nempel ke sosis? karena saya pernah coba pake tepung berbumbu saja tidak mau menempel di sosis nya :( mohon info ya kak.. terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya blm coba pakai maizena, tp sepertinya bisa. Beberapa resep lain jg ada yg pakai maizena. Tp mgkn takaran air atau susunya disesuaikan sendiri, ya. Kalau terlalu encer nanti kentangnya ngga bs nempel. Jd tuang cairannya sedikit demi sedikit dulu sampai kekentalan yg pas. Selamat mencoba :)

      Hapus