Minggu, 26 Februari 2017

Kue Bika Ambon


Saya sudah suka dengan kue ini dari dulu. Sudah pernah lihat resep-resep Bika Ambon sebelumnya. Tapi, membuatnya sendiri di rumah rasanya masih jauh dari keinginan. Karena prosesnya yang sepertinya susah dan penggunaan kuning telur yang lumayan banyak. Kalau gagal, rasanya perih hati ini. Hehehe.

Beberapa hari yang lalu, saya lihat-lihat resep kue asal Medan ini di vlog Mbak Lia Rustka. Resepnya ini terlihat simple. Di video-nya, digunakan mixer untuk mengocok kuning telur dan gula pasir. Tapi, saya coba menggunakan kocokan telur manual dan hasilnya tidak mengecewakan. Pegal-pegal dikit tidak apa-apa lah yah :-D

Karena kali pertama bikin kue Bika Ambon, saya hanya membuat setengah resep saja. Saya juga sudah menyiapkan mental kalau gagal nantinya. Apalagi saya pakai serai dan daun salam yang sudah kering dan saya lupa membuka sedikit pintu oven pada 30 menit pertama. Tapi ternyata takdir berkehendak lain, alhamdulillah hasilnya tidak mengecewakan. Hanya warnanya saja yang tidak terlalu kuning "ngejreng". Beberapa resep saya lihat menambahkan kunyit atau pewarna makanan untuk menghasilkan warna kue yang kuning cantik, tapi bagi saya, seperti ini saja sudah cukup okeh.


Resep Kue Bika Ambon Tanpa Mixer

Bahan biang:
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 2 sendok makan tepung terigu protein sedang (kurang lebih 25 gram)
  • 60 ml air hangat (dapat menggunakan air panas, tapi harus tunggu hingga air menjadi hangat sebelum memasukkan ragi instan)
  • 1 sendok teh ragi instan

Bahan-bahan lainnya:
  • 150 ml santan kental
  • 50 ml santan encer atau dapat diganti dengan air biasa
  • 1 batang serai (ambil bagian putihnya dan memarkan)
  • 2 lembar daun jeruk (sobek-sobek)
  • 6 sendok makan gula pasir (kurang lebih 90 gram)
  • 4 butir kuning telur
  • 1/4 sendok teh vanili bubuk
  • 1/4 sendok teh garam halus
  • 75 gram tepung tapioka
  • Minyak goreng untuk mengoles permukaan dalam loyang

Cara membuat:
  1. Buat biang: campurkan gula pasir dan tepung terigu. Lalu tuangkan air hangat sedikit demi sedikit sembari diaduk-aduk. Kemudian masukkan ragi instan. Aduk rata dan biarkan berfermentasi hingga berbusa selama 15 menit.
  2. Masak santan kental, santan encer/air, serai, dan daun jeruk sembari diaduk-aduk. Tunggu hingga harum dan mendidih. Lalu tuang dan takar santan hingga mencapai 150 ml sembari disaring agar serai dan daun jeruk tidak ikut masuk. Sisihkan.
  3. Kocok gula pasir, kuning telur, vanili bubuk, dan garam halus di wadah lain dengan menggunakan pengocok telur sampai gula larut dan kuning telur berubah warna menjadi pucat, kurang lebih 10 menit.
  4. Masukkan bahan biang yang telah berbusa dan kocok sebentar.
  5. Tambahkan tepung tapioka secara bertahap agar adonan tidak bergerinjil atau bergumpal, sambil diaduk-aduk.
  6. Tambahkan santan sedikit demi sedikit sembari diaduk-aduk hingga rata.
  7. Tutup adonan dan diamkan selama 2 hingga 2,5 jam.
  8. Olesi bagian dalam loyang dengan minyak goreng lalu masukkan ke dalam oven dan panaskan oven dengan suhu 180°C selama 15 menit dengan menggunakan api bawah.
  9. Keluarkan loyang dan langsung isi dengan adonan tanpa diaduk lagi. Agar kue bersarang bagus setelah matang.
  10. Panggang dalam oven pada bagian rak bawah selama 35 menit. Biarkan pintu oven terbuka sedikit.
  11. Setelah 35 menit, pindahkan loyang ke rak tengah dan nyalakan pula api atasnya (api atas bawah). Lanjutkan memanggang 10 menit lagi.
  12. Setelah matang, keluarkan kue dari oven dan tunggu hingga dingin. Lalu, keluarkan kue dari loyang dengan hati-hati, karena bagian bawah kue sangat menempel dengan dasar loyang. Kemudian potong-potong kue sesuai selera.
Kiri: bahan biang, Kanan: santan
Proses pembuatan kue Bika Ambon
Catatan:
  • Saya membuat setengah resep dengan menggunakan wadah berkapasitas kurang lebih 370 ml.
  • Pastikan Anda memotong kue setelah kue benar-benar dingin agar sarang tetap terlihat bagus dan tidak hancur.
Video proses pembuatan Kue Bika Ambon



2 komentar: