Kamis, 09 Februari 2017

Es Pisang Ijo


Sebelumnya, saya tidak begitu tertarik dengan es ini. Tapi, semenjak mencicipi es pisang ijo buatan ibu dari teman kantor saya dulu, saya jadi suka dengan es asal Makassar ini.

Untuk membuat es ini, kamu dapat menggunakan pisang raja atau pisang kepok. Beberapa resep menyarankan untuk mengukus pisangnya terlebih dahulu sebelum dibalut dengan adonan hijau yang terbuat dari campuran tepung beras dan tepung terigu. Tapi, saya sengaja menggunakan pisang kepok yang sudah cukup lembek, sehingga tidak perlu dikukus sebelumnya.

Berikut resep es pisang ijo yang saya yang saya rangkum dari dua sumber di cookpad. Lalu saya sesuaikan dengan selera saya sendiri.

Resep Es Pisang Ijo

Bahan kulit pisang ijo:
  • 6 buah pisang kepok (jika ingin tekstur pisang lebih lembut, kukus pisang sebelumnya selama 5-10 menit)
  • 75 gram tepung beras
  • 75 gram tepung terigu
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • 200 ml santan (65 ml santan instan (1 bungkus kecil) + air (boleh air biasa atau air sari pandan) = 200 ml)
  • pasta pandan secukupnya
  • minyak goreng sedikit untuk olesan
Bahan bubur sumsum:
  • 50 gram tepung beras
  • 15 gram gula pasir (kalau suka manis, boleh ditambah)
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt vanili bubuk
  • 500 ml santan (130 ml santan instan + 370 air = 500 ml)
  • 1 lembar daun pandan
Pelengkap:
  • Sirup cocopandan
  • Es batu
  • Susu kental manis
Cara membuat:
  1. Kulit pisang ijo: Campur tepung beras, tepung terigu, garam, gula, dan santan. Aduk rata sampai rata dan tidak bergerinjil.
  2. Tambahkan pasta pandan, aduk hingga warna hijaunya merata.
  3. Masak sambil diaduk-aduk hingga adonan menggumpal.
  4. Siapkan plastic wrap, oles minyak goreng. 
  5. Ambil adonan secukupnya, letakkan di tengah plastic wrap, pipihkan. Tambahkan pisang. Gulung dan bentuk menyerupai pisang. Keluarkan adonan pisang ijo dari plastik, lalu sisihkan. Ulangi langkah ini sampai adonan dan pisangnya habis.
  6. Kukus pisang ijo selama 15 menit. Alas kukusan dioles minyak goreng supaya tidak lengket.
  7. Bubur sumsum: Campur tepung beras, gula, garam, vanili, santan, dan daun pandan. Masak sambil terus diaduk-aduk hingga menggumpal.
  8. Setelah pisang ijo dan bubur sumsum dingin, tata dalam mangkuk. Tambahkan sirup, es batu, dan susu kental manis.
Proses pembuatan Es Pisang Ijo
Sumber:
  • https://cookpad.com/id/resep/947310-es-pisang-ijo
  • https://cookpad.com/id/resep/836229-es-pisang-ijo-simple
Video proses pembuatan Es Pisang Ijo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar