Rabu, 19 April 2017

Kreatif dengan Permen Susu (Bola-bola Susu)


Meskipun namanya Bola-bola Susu, tapi saya cenderung membuatnya dalam berbagai bentuk. Dari bentuk sederhana seperti bintang atau bentuk hati, sampai bentuk orang-orangan. Karena, sebelum mengeras, tekstur adonannya seperti clay dough atau lilin mainan anak-anak. Jadi, dapat dibentuk sesuai kreatifitas atau dicetak dengan cetakan silikon. Kalau saya pribadi, seringnya membuat permen susu ini sebagai hiasan di atas kue ulang tahun dengan bentuk yang unik-unik. Selain itu, cemilan ini juga dapat dijadikan salah satu hidangan saat lebaran selain kue-kue kering.

Membuat permen susu ini tidak sulit dan bahan-bahannya juga mudah didapatkan. Proses pembuatannya lumayan cepat, tapi butuh beberapa jam untuk mengeraskan bentuknya. Untuk rasanya, cemilan manis ini cukup enak menurut saya. Karena, rasa susunya terasa banget. Begitu juga aromanya. Cuma, setelah memakannya, ada sensasi kesat di langit-langit lidah, seperti permen susu pada umumnya.

Resep Permen Susu atau Bola-bola Susu

Bahan-bahan:
  • 250 gram tepung tapioka
  • 3-5 lembar daun pandan
  • 3 gram vanili bubuk
  • 90 gram susu bubuk
  • 200 gram susu kental manis putih
  • 30 ml air panas
  • Pewarna makanan
  • Gula bubuk atau susu bubuk untuk baluran
Cara membuat:
  1. Sangrai tepung tapioka, vanili bubuk, dan daun pandan dengan api kecil hingga daun pandan mengering, kurang lebih 10 menit. Lalu buang daun pandan yang telah kering.
  2. Tambahkan susu bubuk. Aduk rata.
  3. Masukkan susu kental manis. Aduk rata.
  4. Tambahkan air panas sedikit demi sedikit. Jika sudah pas teksturnya, air panas tak perlu dimasukkan semuanya. Uleni sampai dapat digumpalkan.
  5. Beri pewarna makanan dan bentuk sesuai selera.
  6. Diamkan hingga mengeras.
  7. Baluri dengan susu bubuk atau gula bubuk.
  8. Simpan dalam wadah kedap udara.
Sumber resep:

Permen Susu dalam berbagai macam bentuk.
Permen Susu untuk dekorasi kue ulang tahun.
Video proses pembuatan Permen Susu


Tidak ada komentar:

Posting Komentar