Minggu, 13 Agustus 2017

Donat Tape


Recomended banget resep donat tape yang satu ini. Sangat lembut dan empuk. Tanpa pakai topping apapun, rasanya sudah enak. Apalagi kalau dimakannya saat masih hangat, duh lembutnya nggak tahan.

Saya kurang tahu siapa yang pertama kali menulis resep yang wow ini. Resep ini banyak bersliweran di instagram. Siapapun yang awalnya "meracik" resep donat tape ini, saya ucapkan terima kasih banyak. Saya minta izin untuk menulis ulang resepnya di blog saya, ya :)

Sedikit catatan, resep asli menggunakan full tepung terigu protein tinggi. Sedangkan, saya menggabungkan tepung terigu protein tinggi dan sedang. Konon katanya, hasil roti atau donat yang menggunakan gabungan kedua tepung tersebut, jadi lebih empuk puk puk puk.

Resep Donat Tape

Bahan-bahan:
  • 150 gram tepung terigu protein tinggi
  • 100 gram tepung terigu protein sedang
  • 45 gram gula pasir (resep asli 50 gram)
  • 25 gram susu bubuk
  • 1 sendok teh ragi instan
  • 100 gram tape, buang sumbunya dan haluskan
  • 2 butir kuning telur
  • 70 - 85 ml air es
  • 40 gram margarin
  • 1/4 sendok teh garam
  • Minyak goreng untuk menggoreng donat
  • Topping sesuai selera
Cara membuat:
  1. Campur dan aduk rata tepung terigu protein tinggi dan sedang dengan gula pasir, susu bubuk, dan ragi instan.
  2. Tambahkan tape, kuning telur, dan masukkan air es sedikit demi sedikit. (Kalau adonan sudah cukup lembek, hentikan penambahan air). Uleni hingga setengah kalis. Saya menguleni pakai mixer.
  3. Kalau adonan sudah setengah kalis, tambahkan margarin dan garam. Lanjut uleni hingga kalis elastis.
  4. Tutup adonan hingga mengembang selama 40 - 60 menit.
  5. Kempeskan adonan, bagi rata dan bulat-bulatkan. Saya bagi masing-masing 25 gram, hasilnya ± 23 buah. Diamkan lagi selama 20 menit.
  6. Panaskan minyak goreng dengan api kecil. Ambil potongan donat, buat lubang di tengahnya, lalu goreng hingga bagian bawahnya jadi kuning keemasan. Balikkan donat dan tunggu hingga matang sempurna.
  7. Angkat donat, tiriskan, dan tunggu hingga panasnya hilang.
  8. Beri topping sesuai selera.
Proses pembuatan donat tape
Sumber:
instagram 👉 @doyanbaking

Video proses pembuatan Donat Tape

Tidak ada komentar:

Posting Komentar