Selasa, 12 September 2017

Bolu Gulung Keju



Bolu gulung ini terbilang mudah dibuat. Karena, semua bahan, kecuali margarin, langsung dikocok sekaligus. Proses tersebut disebut juga metode all in one .

Resep ini saya lihat dari blog Ricke Ordinary Kitchen. Saya hanya menggunakan setengah resepnya saja. Hasil potongan kuenya lebih kecil, tapi tetap menggugah selera.

Untuk isiannya, dapat dipilih sesuai selera, ya. Selai, boleh. Cream, oke. Kalau saya, pakai cream yang simple ditambah parutan keju parut dan potongan keju cheddar. Biar lebih ngeju lagi, bagian luarnya saya beri topping yang sama dengan isiannya, yaitu cream dan keju parut.

Resep Bolu Gulung Keju

Bahan-bahan kue bolu:
  • 35 gram tepung terigu protein sedang
  • 5 gram tepung maizena
  • 5 gram susu bubuk
  • 45 gram gula pasir
  • 1/4 sendok teh vanili bubuk
  • 3 butir telur
  • 5 gram TBM/SP
  • 62,5 gram margarin atau mentega, lelehkan
  • 175 gram (1 kotak) keju cheddar untuk isian dan topping

Bahan cream:
  • 10 gram susu bubuk
  • 20 gram gula bubuk
  • 50 gram susu kental manis
  • 50 gram margarin atau mentega

Cara membuat:
  1. Oles loyang dengan margarin dan alasi dengan baking paper. Olesi baking paper dengan margarin. Sisihkan. Saya menggunakan loyang kue kering 27 x 25 x 1,5 cm yang dilapisi silpat (alas loyang). Jika ingin lebih tebal, gunakan loyang segiempat ukuran 22 x 22 x 4 cm.
  2. Buat cream: Campur susu bubuk, gula bubuk, dan susu kental manis. Kocok dengan kecepatan rendah hingga rata. Tambahkan margarin, kocok kembali hingga rata. Sisihkan.
  3. Panaskan margarin hingga setengah leleh. Matikan api, lalu aduk-aduk hingga margarin meleleh seluruhnya. Sisihkan.
  4. Panaskan oven dengan suhu 190℃ menggunakan setelan api atas bawah. Panas masing-masing oven dapat berbeda-beda, ada yang menggunakan suhu 200℃. Disesuaikan dengan oven masing-masing, ya.
  5. Siapkan wadah, masukkan tepung terigu, tepung maizena, dan susu bubuk sambil diayak. Tambahkan vanili bubuk, gula, telur, dan TBM/SP. Kocok dengan kecepatan tinggi hingga kental berjejak, kurang lebih 5 menit. Awali mengocok dengan kecepatan rendah - sedang, lalu perlahan naikkan kecepatan menjadi kecepatan tinggi jika adonan sudah agak mengental. Lalu turunkan kecepatan lagi sambil dikocok selama 2 menit.
  6. Masukkan margarin leleh perlahan-lahan sambil mengaduk adonan dengan menggunakan spatula. Pastikan margarin teraduk rata dan tidak tertinggal di bagian bawah wadah agar bolu tidak bantet.
  7. Tuang adonan ke dalam loyang. Lalu panggang selama 15 menit di rak tengah.
  8. Setelah 15 menit, lakukan tes tusuk. Tusuk kue dengan tusuk gigi. Jika tusuk gigi bersih dari adonan kue yang masih basah, artinya kue sudah matang.
  9. Siapkan wadah datar yang dilapisi dengan kain bersih. Lalu, balik kue ke atas wadah tersebut. Lepaskan baking paper. Gulung kue pelan-pelan. Lalu lepas gulungan hingga kue kembali seperti semula. Olesi kue dengan selai atau cream. Selain diberi olesan, kue dapat juga diberi tambahan isian seperti keju atau mesis.
  10. Gulung kue dengan rapi secara perlahan-lahan. Olesi lagi dengan cream. Lalu, beri topping berupa keju parut.
Proses pembuatan Bolu Gulung Keju

Sumber:
Ricke Ordinary Kitchen

Video proses pembuatan Bolu Gulung Keju


Tidak ada komentar:

Posting Komentar