Selasa, 24 Januari 2017

Caramel Custard Pudding


Berkali-kali saya gagal membuat hidangan pencuci mulut yang satu ini. Beberapa resep sudah saya coba, namun saya baru puas dengan hasil caramel custard pudding yang saya intip dari Cooking with Dog Youtube Channel. Tapi untuk proses pematangannya, saya menggunakan oven dengan teknik au bain marie. Hasil puddingnya lembut, padatnya pas, dan tidak berongga.

Resep Caramel Custard Pudding
(Hasil: 4 cup @100 ml)

Bahan-bahan untuk membuat caramel:
  • 4 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok makan air
  • 1 - 2 sendok makan air panas
Bahan-bahan untuk membuat custard pudding:
  • 5 sendok makan gula pasir
  • 250 ml susu cair tawar
  • 2 butir telur ayam
  • pasta vanila atau rhum sesuai selera
Cara membuat:
  1. Siapkan wadah untuk pudding. Saya pakai 4 buah aluminium cup. Bisa juga pakai ramekin atau wadah tahan panas lainnya. Olesi permukaan dalam wadah dengan mentega, tipis-tipis saja. Sisihkan.
  2. Buat caramel: masukkan gula pasir dan air ke dalam panci anti lengket, tidak perlu diaduk-aduk. Masak sampai berbuih, lalu goyang-goyangkan panci agar gula dan air tercampur rata.
  3. Jika gula dan air sudah tercampur dan berubah warna menjadi kuning keemasan, segera matikan api dan tambahkan air panas. Jangan tunggu sampai warna gula kecoklatan karena kalau ditambah air panas, warna caramel jadi tambah gelap dan rasanya pahit.
  4. Tuang caramel ke dalam wadah, biarkan dingin dan menjadi kaku.
  5. Panaskan oven dengan suhu 180°C.
  6. Buat puddingnya: kocok telur asal tercampur rata saja. Sisihkan.
  7. Masukkan gula pasir dan susu cair ke dalam panci, lalu masak sembari diaduk-aduk agar gula larut. Setelah gula larut dan bagian pinggir susu berbuih (jangan sampai mendidih), matikan api.
  8. Tuang ke dalam wadah yang berisi telur, sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk.
  9. Tambahkan pasta vanila atau rhum atau vanili bubuk agar tidak tercium bau telur yang menyengat saat pudding matang.
  10. Saring cairan pudding, lalu tuang ke dalam wadah pudding. Agar lebih praktis, bisa juga langsung tuang pudding ke dalam wadah sambil disaring. Tutup wadah dengan lembaran aluminium foil.
  11. Panggang selama 30-35 menit dengan teknik au bain marie (wadah pudding dimasukkan ke dalam loyang yang lebih besar dan berisi air panas).
  12. Setelah matang, keluarkan pudding dari oven dan biarkan uap panasnya hilang. Dinginkan dalam kulkas beberapa jam sebelum disantap.
Selain dimatangkan di dalam oven, pudding ini juga dapat dikukus dengan api kecil selama kurang lebih 25-30 menit. Selain itu, dapat juga dimatangkan di dalam panci berisi air mendidih (dengan tinggi setengah wadah pudding) yang di bagian dasarnya diberi alas kain. Tapi, menurut pengalaman saya, dipanggang dengan teknik au bain marie adalah pilihan terbaik. Karena, hasil pudding jadi lebih mulus dan tidak berongga.

Karena menggunakan telur, saat matang pudding akan tercium bau amis telur. Kalau sudah tambahkan pasta vanila atau rhum tapi pudding masih berbau amis, biasanya saya akali dengan menambahkan caramel topping merk Mariza sebelum pudding dimasukkan ke dalam kulkas. Setelah dingin, pudding jadi wangi caramel. Hmm, makin enak!

Sumber:
Cooking with the Dog

Proses pembuatan caramel
Proses pembuatan pudding
Bisa dihias jadi Pudding Pikachu juga lho
Video proses pembuatan Caramel Custard Pudding

Tidak ada komentar:

Posting Komentar