Minggu, 26 Maret 2017

Es Selendang Mayang


Resep Es Selendang Mayang

Minuman tradisional yang satu ini sudah mulai langka dan sulit ditemukan. Walaupun sangat sederhana, tapi rasanya tuh ngangenin. Karena penasaran cara membuatnya, akhirnya saya cari-cari resepnya.

Cukup banyak resep minuman khas Betawi ini di internet, tapi kebanyakan bahan pembuatannya menggunakan campuran tepung beras dan tepung hunkwe. Kata ibu saya, es yang satu ini lebih cocok kalau dibuat dari campuran tepung sagu aren dan tepung beras. Cari-cari lagi, dapat lah resep yang sesuai dengan selera saya. Pas lihat resepnya, "hmmm, sepertinya gampang nih bikinnya," pikir saya.

Akhirnya, saya pergi ke toko bahan kue langganan dan berhasil kecewa karena toko tersebut nggak menyediakan tepung sagu aren. Cari-cari lagi di tempat lain, nggak ketemu-ketemu juga. Nggak mau repot-repot keliling planet (rumah saya di planet Bekasi. hehe), akhirnya saya beli di toko online saja. Kelar urusan 😆 . Saatnya mempersiapkan bahan-bahan lainnya, lalu cuuuus bikin es ini dengan menggunakan resep yang saya lihat di mari dengan sedikit modifikasi.

Bahan-bahan:
  • 100 gram tepung sagu aren
  • 50 gram tepung beras
  • 1 liter air matang
  • 1 sendok teh garam halus
  • 2 lembar daun pandan
  • Pewarna merah dan hijau secukupnya

Bahan kuah santan:
  • 4 lembar daun pandan
  • 500 ml santan dari 1 butir kelapa, dapat juga menggunakan santan kemasan
  • 1/4 sendok teh garam

Bahan-bahan untuk membuat cairan gula aren:
  • 250 gram gula merah yang telah disisir
  • 50 gram gula pasir
  • 350 ml air matang
  • 2 lembar daun pandan

Bahan pelengkap:
  • Es batu secukupnya

Cara membuat:
  1. Loyang dialasi plastik dan diolesi minyak goreng, sisihkan.
  2. Campurkan tepung sagu aren, tepung beras, garam, dan daun pandan. Aduk rata.
  3. Tambahkan air, aduk hingga tepung larut. Lalu masak hingga mendidih dan mengental.
  4. Bagi adonan menjadi 3 bagian. Bagian pertama diberi pewarna merah. Bagian kedua diberi pewarna hijau. Bagian ketiga tidak perlu diberi pewarna.
  5. Masukkan adonan merah, putih, dan hijau ke dalam loyang secara berurutan.
  6. Simpan dalam kulkas setelah uap panasnya hilang.
  7. Buat kuah santan: masak santan, garam, dan daun pandan sambil diaduk-aduk sampai santan mendidih. Masukkan ke dalam wadah dan tunggu hingga dingin.
  8. Buat cairan gula merah: campur gula merah, gula pasir, air, dan daun pandan masak sampai mendidih. Masukkan ke dalam wadah dan tunggu hingga dingin.
  9. Potong-potong selendang mayang lalu masukkan ke dalam mangkuk. Tambahkan es batu, kuah santan, dan cairan gula merah sesuai selera.

Catatan:
  • Saya menggunakan loyang roti berukuran 18 x 10 x 7 cm.
Langkah-langkah membuat Es Selendang Mayang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar